Membangun Personal Branding 01

5 Langkah Membangun Personal Branding

Personal Branding 05

Kali ini artikel dari BrandingThis akan membicarakan tentang bagaimana kalian bisa membangun personal branding dan bagaimana sih caranya agar personal brand tersebut bisa bertumbuh. Langkah – langkah apa saja sih yang kalian perlu lakukan untuk membangun sebuah personal branding? Nah, Artikel ini bukan hanya ditujukan untuk para kreatif dan entrepreneur saja ya, tapi juga ditujukan bagi kalian semua yang tertarik dengan topik personal brand ini.

Di zaman yang serba digital ini suka atau tidak hampir semua nya mempunyai personal branding. Jadi kalau kamu mempunyai akun social media seperti Twitter, Instagram dan Facebook, kamu sudah bisa di kategorikan sebagai seseorang yan gmempunyai personal branding sendiri. Dan suka atau tidak, orang lain akan menilaimu berdasarkan apa yang mereka lihat secara online. Contoh nya ketika kamu melamar kerja, para recruiter akan menggunakan Google sebagai sarana untuk mencari tahu tentang kamu lebih lanjut lagi. Oleh karena itu artikel ini akan membantu untuk semua orang dong ya? Betul, jadi kamu baca sampai habis ya karena sudah pasti akan terpakai kok!

1. Tujuan membangun personal branding

Jadi, langkah pertama untuk membangun personal branding dapat dimulai dengan menanyakan ke diri sendiri, kenapa kamu ingin memulai membangun sebuah personal brand. Apa tujuan utama kamu membangun sebuah brand? Contohnya apabila kamu seorang desain grafis, kamu pasti ingin orang tahu siapa diri kamu dan style dari desain desain kamu itu seperti apa. Jadi tidak hanya orang tahu tentang diri kamu, tetapi mereka juga bisa saja bekerjasama dengan diri kamu dengan melihat hasil hasil desain kamu. Jadi mulailah dengan apa tujuan dari personal branding kamu.

Dan dari situ, berdasarkan tujuan personal branding kamu, kamu bisa membuat suatu ‘rumah’ atau yang bisa disebut juga dengan home. Nah, rumah ini bisa dalam bentuk landing page atau blog atau social media yang kamu miliki sekarang.

Membangun Personal Branding 03

2. Tentukan cerita, tonasi dan style

Langkah kedua adalah kamu harus menentukan cerita, tonasi dan style dari personal branding kamu. Sebuah personal brand dapat di artikan sebagai sebuah kepribadian kamu. Kepribadian yang kamu ingin tunjukan ke dunia, jadi dapat diartikan bahwa sosok diri kamu sendiri yang kamu anggap ideal untuk di tunjukan ke banyak orang. Ada beberapa hal yang kamu bisa jawab agar kamu lebih bisa membuat personal brand.

  • Personal brand kamu tujuan nya apa?
  • Nilai-nilai dari brand kamu apa?
  • Sifat dari personal brand kamu apa saja?

Jadi cerita dan tujuan dari brand kamu adalah yang utama dari membangun personal branding kamu dan setelah menjawab hal-hal utama tersebut kamu mulai bisa menentukan hal-hal yang bersifat estetika seperti dekorasi  dan tonasi. Contoh nya cara kamu berpakaian, cara kamu berbicara, pilihan warna kamu, itu semua bisa di kategorikan sebagai estetika dari personal branding kamu.

Inti nya adalah, cerita, style dan tonasi dari personal branding kamu adalah diri kamu sendiri. Personal brand adalah sebuah ekstensi dari dirimu sendiri. Jadi jangan terlalu di pikirakan terlalu berlebihan. Kamu bisa memulainya dengan warna kesukaan kamu, baju kesukaan kamu, dan kamu juga bisa mengambil insiprasi dari orang lain yang kamu ikuti di social media.

Membangun Personal Branding 01



3. Cari tahu tentang audiens kamu


Langkah ketiga adalah agar kamu bisa tahu kira-kira audiens yang kamu sasarkan itu siapa aja sih? Jadi kamu harus tau kira-kira audiens yang ideal untuk kamu itu siapa saja? Nantinya setelah kamu mengetahui kira-kira audiens kamu itu seperti apa, kamu akan bisa menciptakan konten yang cocok untuk mereka. Karena dengan mengetahui tipe audiens kamu atau persona mereka, kamu akan bisa lebih tepat dalam hal menciptakan sebuah konten. Karena konten adalah suatu hal yang sangat penting dalam membangun personal branding.

Man Riding Motorcycle | BrandingThis



4. Pilih kanal untuk membagi konten kamu

Nah yang ke empat adalah konten sebagai sarana untuk berkomunikasi. Di  langkah ketiga tadi sudah di sebutkan kalau konten adalah suatu hal yang penting dalam membangun personal branding kamu. Ini karena konten adalah sebuah cara dimana kamu bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang mau untuk mendengarkan kamu. Nah, untuk hal yang ke empat ini, langkah tepat yang pertama adalah dengan memilih platform yang cocok sebagai sarana mengisi atau mendistribusikan konten yang kamu miliki. Karena banyak nya platform yang bisa kamu pilih, sangat lah penting untuk kamu memilih satu platform untuk kamu kuasai dulu lalu menggunakan platform lain untuk mendistribusikan konten kamu. Ketika kamu ingin memilih platform yang tepat, kamu juga sebaiknya memikiran hal hal ini;

  • Tujuan brand kamu
  • Jenis konten apa yang kamu kuasai dalam membuatnya
  • Cara terbaik untuk mempresentasikan konten tersebut
  • Lokasi dari audiens kamu

Contoh nya apabila kamu adalah seorang desain interior berarti kamu ingin sebuah platform yang menonjolkan visualisasi seperti Instagram atau Pinterest. Contoh lainnya adalah apabila kamu seseorang yang berbidang dalam real estat dan kamu tidak nyaman berada di depan kamera, kamu bisa menggunakan platform podcast dan memulai sebuåh podcast dalam hal memberikan saran dalam memilih tempat tinggal.

Setelah kamu menemukan platform yang tepat, kamu bisa memulai untuk menciptakan konten. Dan untuk hal konten ini, kamu harus secara konsisten membuat nya. Karena dengan konsistensi, kalian dapat memberikan  kesempatan untuk orang lain agar mereka dapat melihat personal branding kamu dan mengerti siapa dari kamu. Konten yang bagus adalah sebuah konten yang mempunyai value atau nilai. Suatu konten yang memberikan nilai yang dapat digunakan orang lain, adalah suatu konten yang berguna untuk mereka dan mereka akan suka dengan konten konten tersebut. 

Personal Branding 04



5. Teruslah berkembang

Untuk langkah ke lima, kamu sebaiknya jangan cepat menyerah atau cepat berpuas diri apabila hasil yang kamu dapatkan tidak sesuai atau melebihi ekspetasi kamu. Kamu harus terus belajar dan mengembangkan diri agar kamu dapat menunjukan ke orang banyak bahwa kamu adalah orang yang ingin terus maju, dan ini akan menjadi daya tarik tersendiri pastinya!

Jadi tunggu apa lagi? Yuk coba langkah-langkah di atas untuk memulai personal branding kamu!

Bagaimana, cukup bermanfaat kan bacaan dia atas. Personal branding adalah suatu hal yang sangat penting di dunia digital. Karena semua orang dapat melihat dan mengakses sedikit dari diri kita. Semoga kalian dapat membangun personal branding kalian ya!  

Demikian langkah-langkah dalam membangun personal branding yang kalian bisa coba terapkan. Oh iya satu hal lagi, apakah kamu tahu kalau gerakan go green itu juga dapat menjadi salah satu bentuk personal branding? Kalau kalian tertarik dengan gerakan tersebut kalian dapat membaca artikel tentang 8 Produk Ramah Lingkungan Memangkas Sampah Plastik.

Kalau kamu suka dengan artikel ini, di BrandingThis masih banyak lagi info-info menarik yang bisa kamu dapatkan loh. BrandingThis juga menyediakan Produk Custom yang kamu bisa desain sendiri! Ada Case HP, Tote Bag, Notebook, dan juga E-Money. Jangan lupa untuk di lihat ya!

Leave a Reply