hari-ayah-sedunia

Hari Ayah Sedunia: Perjuangan sejak 1908

Suatu hari terjadi ledakan pertambangan besar yang membuat 1000 anak kehilangan ayahnya. Peristiwa itu mendorong Clayton untuk mengadakan Hari Ayah sedunia.

Hari Ayah sedunia biasa dirayakan setiap hari Minggu ketiga di bulan Juni. Sedangkan di Indonesia, kita biasa merayakan Hari Ayah tanggal 12 November setiap tahunnya.

Hari Ayah internasional diawali oleh perjuangan seorang anak perempuan bernama Grace Golden Clayton yang tinggal di Fairmont, kota kecil di barat Virginia, Amerika Serikat.

Clayton adalah anak dari salah satu Pendeta termahsyur di sana. Namun, ayahnya meninggal ketika usia Clayton masih 15 tahun. Sejak itu, ia pun harus hidup sebagai seorang yatim.

hari-ayah-sedunia-pertambangan-monongah-virginia-amerika-1907

Suatu hari, terjadi ledakan besar di area pertambangan yang merenggut nyawa lebih dari 360 pria di tahun 1907.

Kejadian tersebut membuat kurang lebih 1000 anak kehilangan ayah mereka.

Mengetahui kejadian itu, Clayton pun berempati. Karena, tentu saja ia bisa merasakan kesedihan yang sama. Ia paham benar bagaimana rasanya kehilangan figure ayah dalam hidupnya.

Hingga Clayton menginisiasi layanan gereja khusus untuk menghormati para ayah dan peran mereka di masyarakat. Clayton mengajukan program ini kepada Pastor Dr. R. Thomas Webb dan mendapatkan sambutan baik darinya.

hari-ayah-sedunia-pertama

Akhirnya, Father’s Service pun diadakan pada tanggal 5 Juli 1908. Setelah itu, banyak kota lain yang ikut menyelenggarakan Hari Ayah.

Namun, peringatan itu belum diakui sebagai Hari Ayah internasional.

Tahun 1909, Sonora Smart Dodd mengajukan hari Ayah kepada asosiasi di Spokane, Washington, Amerika Serikat.

Berbeda dengan Clayton yang mengadakan Hari Ayah untuk mengenang sosok Ayah yang sudah tiada. Dodd menginisiasi Hari Ayah untuk mengapresiasi Ayahnya yang telah membesarkan ia dan lima saudaranya seorang diri (single father) sejak ibunya meninggal saat melahirkan.

Saking sayangnya dengan sang Ayah, Dodd mengusulkan tanggal lahir ayahnya, yakni 5 Juni, untuk dijadikan Hari Ayah.

hari-ayah-sedunia

Idenya mendapat sambutan hangat. Namun, para menteri di Spokane meminta agar pelaksanaan Hari Ayah diundur supaya mereka memiliki waktu lebih untuk melakukan persiapan. Akhirnya peringatan Hari Ayah terealisasi pada tanggal 19 Juni 1910 (hari Minggu ke-3 bulan Juni), dan mulai menjadi perayaan tahunan di sana.

Selanjutnya, pada tahun 1913, RUU yang berisi usulan untuk menjadikan Hari Ayah sebagai hari libur nasional dibawa pertama kali ke dalam Kongres. Namun saat itu, Kongres belum menyetujui usulan tersebut.

Hari Ayah dinilai sebagai gimmick untuk menjual lebih banyak produk hadiah. Hari Ayah pun dianggap tidak sesuai dengan sifat laki-laki yang maskulin dan tidak biasa menerima bunga atau kado sebagai hadiah yang terlalu sentimentil.

Namun, perjuangan untuk membuat Hari Ayah sebagai peringatan yang diakui akhirnya membuahkan hasil saat Presiden Richard Nixon menandatangani undang-undang yang menyetujui Hari Ayah pada tahun 1972.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa Hari Ayah sedunia lahir dari perjuangan anak-anak yang begitu sayang dengan ayahnya. Mereka begitu menghargai dan mengakui peran penting seorang Ayah dalam hidup mereka.

Namun, tentu kita tidak bisa lupa dengan para single mother yang harus “berperan ganda” untuk menjadi Ibu dan Ayah sekaligus, untuk anak-anak mereka.

Ada banyak kontroversi tentang apakah single mom seharusnya ikut mendapatkan ucapan selamat Hari Ayah juga atau tidak.

Tentu itu akan kembali pada preferensi masing-masing.

Terlepas tentang siapa saja yang boleh ikut merayakan Hari Ayah. Seperti dikutip dari laman Psychology Today, yang terpenting dari Hari Ayah adalah pengingat untuk para Ayah, bahwa mereka memiliki peran penting dalam membesarkan anak-anak mereka.

Juga merupakan kesempatan berharga bagi kita sebagai anak, untuk menunjukkan rasa terima kasih atas perlindungan, pendidikan, dan hal lain yang telah Ayah berikan kepada kita.

Tentunya ungkapan terima kasih itu sangat beragam. Dimulai dari hal yang bisa dibuat sendiri sampai yang bisa kamu beli secara langsung. Selamat hari Ayah!


Inspirasi hadiah untuk Ayah:


Sumber:
Buku Marion County oleh Thomas J. Koon (2001)
The History of Father’s Day
The Forgotten History of Father’s Day


Leave a Reply